Bina desa bagi para calon pelaut

Bina desa bagi para calon pelaut

887
0
SHARE

Pentingnya bina desa bagi calon pelaut merupakan hal mendasar yang harus dilakukan agar tercipta jiwa melestarikan bagi pelaut masa depan. Hal ini baru saja dilaksanakan oleh para taruna Polimarin. Bina desa hal ini dimaksud adalah pelestarian lingkungan dengan menanam ratusan pohon dari berbagai jenis. Menurut ketua panitia bina desa Polimarin, Sunarno para taruna polimarin angkatan 1 yang berjumlah kisaran 130 ini semangat dalam melakukan penanaman pohon bersama. “kami bagikan ratusan jenis pohon kepada para taruna angkatan 1, bibit tanaman yang kami tanam adalah pohon mangga, durian,serta mahoni”

Beberapa tujuan penyelenggaraan Bina Desa selain menumbuhkan jiwa melestarikan lingkungan namun juga menumbuhkan empati dan kepedulian taruna/taruni pada pelestarian lingkungan dalam penurunan emisi CO₂  , Menerapkan Ipteks dalam tim kerja yang bersifat interdisipliner, Menanamkan nilai kepribadian, keuletan, etos kerja dan tanggungjawab serta karakter bangsa yang berdasarkan Pancasila, serta Mengembangkan kemampuan berfikir analitis dan logis.

Wadir III Polimarin, Yulius Oscar menambahkan “kami menggiring para taruna menuju lahan kosong, membebaskan mereka untuk menanam bibit pohon yang telah kami bagi satu persatu” tuturnya.

Oscar mengharapkan, kedepan penanaman tumbuhan ini dapat digunakan sebagai paru – paru kota.

“kami berharap usaha dari para taruna Polimarin ini juga sebagai pengatur lingkungan ( mikro), sebagai Penyeimbangan alam ( adaphis ), Sebagai Perlindungan ( protektif ) terhadap kondisi fisik alami sekitranya, Sebagai keindahan ( estetika ), serta sebagai kesehatan ( hygiene ), tutur Oscar.

Menurut salah satu Taruni Polimarin, dirinya merasa tertarik dengan kegiatan menanam pohon ini karena dengan hari-harinya yang terkesan monoton dengan mata kuliah yang cenderung bernuansa militer, dirinya menemukan sesuatu yang berbeda.

“ini baru pertama kali kami melakukan kegiatan seperti ini, kami senang karena tidak membosankan, dan sangat berguna untuk melatih jiwa para calon pelaut yang nantinya dapat memiliki jia melestarikan lingkungan” (jojo mahsunah)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY