Mulai diperkenalkan dunia kerja sejak menjalani pendidikan

Mulai diperkenalkan dunia kerja sejak menjalani pendidikan

1359
0
SHARE

Taruna Polimarin melakukan kunjungan kapal ke pelabuhan Tanjung Emas Semarang beberapa waktu yang lalu, kegiatan tersebut diikuti oleh sekitar 99 taruna dari 3 prodi yaitu Teknika, Nautika dan KPN (Ketatalaksanaan Kepelabuhanan Pelayaran Niaga). Menurut Wadir III Polimarin, Yulius Oscar, Tujuan kunjungan kapal tersebut memiliki banyak kegunaan.
Secara umum kegunaan yang paling utama adalah memperkenalkan secara langsung dunia kerja yang nantinya akan dihadapi oleh para taruna pasca pendidikan di Polimarin. Para taruna ini mengunjungi kapal pengangkut dari PT pupuk Sriwijaya Pusri, Otong Kosasih.

Menurut ketua panitia kunjungan kapal, Retno Anggoro, kegunaan kegiatan ini bagi taruna KPN untuk mengetahui prosedur penyandaran kapal beserta dokumen-dokumen yang disertakan, prosedur pembongkaran muatan, pihak yg dilibatkan, serta mekanisme pembongkaran muatan.

Kami memperkenalkan program kunjungan kapal ini agar para taruna mengetahui secara langsung proses kegiatan penyandaran kapal yg dilakukan oleh perusahaan keagenan dan mengetahui secara langsung kegiatan bongkar muat di atas kapal, tutur Retno.

Menurut Oscar, bagi prodi Nautika kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui langsung peralatan navigasi di atas kapal.

Selama ini mereka mengetahui aktivitas diatas kapal hanya secara teori dan praktek di lab. Dengan kunjungan ini mereka mengetahui kondisi riil peralatan navigasi, imbuh Oscar.

Sementara itu manfaat kegiatan kunjungan kapal untuk prodi Teknik adalah untuk megetahui aktivitas yg berada di ruang mesin serta mengetahui tugas seorang engineer.

Mereka mengetahui secara langsung kinerja para masinis dan engineer di atas kapal, selama ini para taruna dari prodi Teknik hanya mendapatkan teori dan praktek permesinan di engine simulator, tutur Retno.

Dengan adanya kegiatan ini dapat memberikan pemahaman secara nyata mengenai deskripsi kerja di atas kapal secara nyata setelah taruna lulus dari polimarin.

KM Otong Kosasih ini melakukan kegiatan pembongkaran dan distribusi pupuk yang berasal dari Palembang yang kemudian didistribusikan ke seluruh wilayah di Indonesia salah satunya adalah Semarang. (jojo mahsunah)

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY