WISUDA PERDANA POLITEKNIK MARITIM NEGERI INDONESIA

WISUDA PERDANA POLITEKNIK MARITIM NEGERI INDONESIA

2485
0
SHARE

Wisuda angkatan pertama POLIMARIN (POLITEKNIK MARITIM NEGERI INDONESIA) diselenggarakan beberapa waktu yang lalu di kampus Polimarin jl. Pawiyatan Luhur Bendan Duwur I/1 Semarang. Dikemukakan oleh direktur Polimarin, Sri Tutie Rahayu, Polimarin merupakan satu-satunya institusi pendidikan kemaritiman dibawah KEMRISTEKDIKTI baru saja meluluskan peserta didiknya, hal ini menjadi langkah awal bagi pendidikan vokasi memiliki status yang diakui dalam jajaran strata pendidikan di INDONESIA.

“Polimarin melepas wisudawan yang pertama dan ini merupakan momentum bahwa Polimarin berada dibawah naungan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi akan menjunjung tinggi kebersamaan dengan Politeknik ataupun Akademi serta Institusi Maritim yg lain baik Negeri maupun swasta krn hal ini akan menjadi kekuatan dalam mendukung poros maritim di negara RI” ungkapnya.
Menurut Tutie, pada wisuda yg pertama terdapat sebanyak 35 wisudawan. Yang istimewa dari wisuda pertama ini adalah kali ini dijatuhkan dalam menyongsong Hari Nusantara, disamping itu jg bersamaan dengan telah selesainya install Simulator Maritim dengan versi terbaru yg dilakukan oleh RDE (Rheinmetal Defence) dari Jerman.
“Kami berharap dapat lebih meningkatkan kemampuan para calon Perwira Pelayaran Niaga untuk menjadi unggulan dalam poros maritim, juga diharapkan akan merupakan alih teknologi dalam bidang maritim” tutur Tutie.
Selain ini pihaknya berharap, kedepan para wisudawan ini dapat menerapkan ketrampilan, dan kompetensi pada kegiatan yg nyata dalam masyarakan serta mengembangkannya untuk kepentingan Negara dan Bangsa Indonesia sebagai insan maritim serta dalam lebih mencarkan. “Memancarkan kejayaan Sriwikaya dan majapahit yg waktu itu merupakan kerajaan Maritim”. Dalam versi modern saat ini lebih tepat disebut sebagai keberhasilan Poros maritim” imbuh Tutie.
Ditanya terkait kendala dalam rangka membangun pendidikan maritim yang masih baru ini adalah pihaknya mendesain terkait acara dan infra struktur yang dikarenakan belumm ada contohnya, dan idenya itu yg perlu kita hargai, namun demikian kita harus semangat krn anak bangsa memiliki hak untuk pendidikan dan ketrampilan” imbuhnya.

Sementara itu wakil direktur II Polimarin, Ario Hendartono menambahkan bahwa pelaksanaan wisuda ke 1 di Polimarin ini diikuti 35 wisudawan dari program studi ketatalaksanaan Pelayaran Niaga dan kepelabuhan dengan wisudawan terbaik Riska Budi Ayuningtyas dengan Indeks Prestasi Kumulatif 3,74. “kepada siswa yang bersangkutan maka di anugrahkan penghargaan Wisesa Adiguna sehingga akan mendorong taruna dan taruni lainnya untuk selalu menjadi yang terbaik dengan tetap menjunjung nilai nilai kebangsaan” tutur Ario.
Bersamaan itu ungkap Ario, Polimarin juga sedang meng upgrading bridge simulator , engine simulator , safety training, maritime english dan juga untuk Ketatalaksanaan Pelayaran Niaga dan Kepelabuhan sehingga dapat meningkatan kualitas taruna dan taruni. Harapannya wisudawan dapat menerapkan dan menyumbangkan kapada kemajuan bangsa Indonesia di era Tol laut yang di galakkan presiden Jokowi di samping itu dapat menjadi contoh bagi kemajuan pendidikan maritim di Indonesia. (jojo mahsunah)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY