Focused Group Discussion (FGD) Nasional, Capaian Pembelajaran Lulusan

Focused Group Discussion (FGD) Nasional, Capaian Pembelajaran Lulusan

1914
0
SHARE

Semarang

Sesuai ketentuan Standar Nasional Pendidikan Tinggi di dalam Permenristekdikti Nomor 44 Tahun 2015 bahwa setiap program studi wajib dilengkapi dengan target Capaian Pembelajaran (CP) sebagai bentuk akuntabilitas penyelenggaraan program terhadap para pemangku kepenetingan. Politeknik Mariitim Negeri Indonesia (Polimarin) dan Tim CP-KKNI Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) pada hari ini menginisiasi acara Focused Group Discussion (FGD) Nasional, Capaian Pembelajaran Lulusan Studi Nautika dan Teknik Nautika.

Acara dilaksanakan di Semarang dengan dihadiri oleh berbagai perwakilan pendidikan maritim di Indonesia dan perwakilan dari asosiasi profesi. Di antaranya dari PPSDM Perhubungan Laut, Ditkapel Perhubungan Laut, Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang, Akpleni Semarang, Stimart AMNI Semarang, Politeknik Negeri Samarinda, Poiteknik Pelayaran Surabaya, Akademi Maritim Nasional Jaya (Amanjaya) Jakarta, Politeknik Negeri Semarang, Akademi Maritim Nusantara (AMN) Cilacap, Ikatan Korps Perwira Pelayaran Niaga Indonesia (IKPPNI).

Direktur Polimarin, Dr. Sri Tutie Rahayu, M.Si, dalam sambutannya mengatakan bahwa acara ini dilaksanakan dengan harapan agar pendidikan maritim di Indonesia saling bersinergi dan merapatkan barisan untuk merumuskan Capaian Pembelajaran Lulusan sesuai standar Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI).

Hasil FGD ini akan diusulkan kepada Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristekdikti untuk dapat ditetapkan menjadi Capaian Pembelajaran Lulusan yang akan dikaji dan ditetapkan oleh Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi sebagai rujukan program studi sejenis.

Jayalah Maritim Indonesia. Jayalah Indonesia.

 

 

NO COMMENTS

Comments are closed.