International Maritime Roundtable Seminar diselenggarakan di Kampus Maritim Bela Negara – Polimarin pada 5 Februari 2018. Seminar yang bertajuk “The Role of Higher Vocational Education in Supporting Indonesia to become a Global Maritime Hub” dihadiri oleh pimpinan Perguruan Tinggi di Indonesia dan perwakilan dari industri maritim.

 

 

 

 

 

Acara dibuka oleh Deputi Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Sekretariat Kabinet Bapak Dr. Ir. Surat Indrijarso, M.Sc. Kemudian Direktur Polimarin Dr. Sri Tutie Rahayu, M.Si. dalam sambutannya menyampaikan bahwa seminar internasional ini salah satu upaya meningkatkan kualitas SDM untuk mendukung program Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia. Acara juga dihadiri oleh Kepala Subdirektorat Kerja Sama Perguruan Tinggi Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, Bapak R. Purwanto Subroto.

 

 

 

 

 

Pembicara dari Representing the Maritime Industry in Indonesia, Captain Bambang Purnomo (Gold Bridge Shipping Ltd – PT Berlian Laju Tanker Tbk) menyampaikan perkembangan dunia industri bidang maritim yang mensyaratkan kemampuan bahasa Inggris dan teknologi informasi. Kemudian dilanjutkan oleh pembicara UK experts Angus Ferguson, (Curriculum Head, City of Glasgow College). Pembicara selanjutnya dari UK expert Director of Asia Pacific for the Institute of Marine Engineering, Science & Technology (IMarEST) David Kelly. Lalu turut memberikan presentasi yaitu dari Cambridge English Language Assessment and Briton English Education Bapak Tony Gunawan – Country Manager for CELA dan Sirajuddin Tenri – Director of Briton.

Sesi tanya jawab mengakhiri seminar ini, dengan tema dan semangat untuk meningkatkan mutu SDM terutama dalam bahasa Inggris untuk mendukung program pemerintah yaitu Indonesia sebagai poros maritim dunia.