Pada hari Kamis, 29 Maret 2018 Politeknik Maritim Negeri Indonesia (Polimarin) mengadakan kuliah umum yang kali ini diisi oleh Komandan Korps Marinir TNI AL Mayor Jenderal Bambang Suswantoro. Acara ini selain dihadiri oleh mahasiswa-mahasiswi Polimarin, juga dihadiri oleh taruna/taruni dari beberapa perguruan tinggi maritim/pelayaran lain seperti Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang, Akademi Pelayaran Niaga (Akpelni) Semarang, STIMART AMNI Semarang.

Dalam paparannya, Mayor Jenderal Bambang Suswantoro menyampaikan bahwa penegakkan kedaulatan wilayah laut NKRI, revitalisasi sektor-sektor ekonomi kelautan, penguatan dan pengembangan konektivitas maritim, rehabilitasi kerusakan lingkungan dan konservasi biodiversity, serta peningkatan kualitas dan kuantitas SDM kelautan, merupakan program-program utama dalam pemerintahan Presiden Jokowi guna mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia.

Beliau juga meminta agar para alumni Polimarin Semarang untuk ikut menjadi bagian dalam mewujudkan nawacita tersebut. Untuk mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia, Presiden Jokowi memaparkan lima pilar utama yang salah satunya adalah pembangunan kembali budaya maritim Indonesia.

Direktur Polimarin, Dr. Sri Tutie Rahayu, M.Si. menyampaikan bahwa pihaknya berharap dengan adanya kuliah umum ini dapat meningkatkan semangat dan memperkokoh mental para taruna-taruni dalam ikut serta mewujudkan nawacita.