Perwujudan rasa syukur Politeknik Maritim Negeri Indonesia di bulan suci Ramadhan 1439 H dengan melaksanakan Nuzulul Al Qur’an pada hari kamis, 07 Juni 2018. Geo spiritual dengan mendekatkan diri kepada Allah SWT selalu ditekankan untuk pembentukan taruna taruni yang berakhlakul karimah.

Nuzulul Qur’an yang secara harfiah berarti turunnya Al Qur’an (kitab suci agama Islam) adalah istilah yang merujuk kepada peristiwa penting penurunan “Al Qur’an secara keseluruhan diturunkan dari Lauhul Mahfuzh ke Baitul ‘Izzah di langit dunia. Lalu diturunkan berangsur-angsur kepada Rasul -shallallahu ‘alaihi wa sallam- sesuai dengan peristiwa-peristiwa dalam jangka waktu sekitar 23 tahun.” (HR. Thobari, An Nasai dalam Sunanul Kubro, Al Hakim dalam Mustadroknya, Al Baihaqi dalam Dalailun Nubuwwah. Hadits ini dishahihkan oleh Al Hakim dan disetujui oleh Adz Dzahabi. Ibnu Hajar pun menyetujui sebagaimana dalam Al Fath, 4: 9).

acara Nuzulu Al Qur’an bertema “Meningkatkan Iman dan Taqwa Menjadikan Diri Mencintai Al Qur’an” dilaksanakan pada pukul 15:30 Wib dengan diawali dengan penampilan rebana Taruna Taruni dan pembacaan ayat suci Al Qur’an, selanjutnya dilanjutkan sambutan oleh Direktur Polimarin Dr. Sri Tutie Rahayu, M.Si. (07/06)

Dr. Sri Tutie Rahayu, mengatakan bahwa momentum nuzulul al Qur’an kita harus banyak-banyak bersyukur karena masih diberikan kesehatan dan merasakan nikmatnya bulan suci ramadhan 1439 H. (07/06)

kegiatan sore hari itu tidak hanya mendengarkan siraman rohani dalam rangka refleksi diri tapi juga dilanjutkan santunan yatim piatu oleh Dr. Sri Tutie Rahayu, M.S.i oleh anak yatim piatu yang mengikuti kegiatan Nuzulul Al Qur’an di gedung Menza II Polimarin.

kegiatan Nuzulul Al Qur’an tersebut dihadiri oleh unsur Pimpinan Polimarin dan seluruh civitas akademika Polimarin, juga dihadiri para yatim piatu serta seorah hafidz Al Qur’an lulusan pendidikan asuhan Ustadz Yusuf Mansyur. (MDA)