Selasa, 7 Agustus 2018 mahasiswa Polimarin pada jurusan KPN melaksanakan kunjungan ke Pelindo III Semarang khususnya ke Gudang Pelabuhan Terminal Peti Kemas Semarang (TPKS), kegiatan ini berfungsi untuk memberikan proyeksi nyata tidak hanya gambar saja tapi mahasiswa Polimarin bisa bersentuhan secara langsung dengan alat-alat penunjang kegiatan PT. Pelindo.

PT. Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau lebih dikenal dengan sebutan Pelindo 3 merupakan salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak dalam jasa layanan operator terminal pelabuhan. Perusahaan dibentuk berdasarkan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 1991 tentang Pengalihan Bentuk Perusahaan Umum (Perum) Pelabuhan III Menjadi Perusahaan Perseroan (Persero). Peraturan tersebut ditandatangani oleh Presiden Ke-2 Republik Indonesia Soeharto pada tanggal 19 Oktober 1991.

Sebagai operator terminal pelabuhan, Pelindo 3 mengelola 43 pelabuhan dengan 16 kantor cabang yang tersebar di tujuh propinsi di Indonesia meliputi Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Selatan.

Keberadaan Pelindo 3 tak lepas dari wilayah Indonesia yang terbentuk atas jajaran pulau-pulau dari Sabang sampai Merauke. Sebagai jembatan penghubung antar pulau maupun antar negara, peranan pelabuhan sangat penting dalam keberlangsungan dan kelancaran arus distibusi logistik. Pelayanan terbaik dan maksimal merupakan komitmen Pelindo 3 untuk mejaga kelancaran arus logistik nasional. Komitmen itu tertuang dalam visi perusahaan Berkomitmen Memacu Integrasi Logistik dengan Layanan Jasa Pelabuhan yang Prima. Mendukung visi tersebut, Pelindo 3 menetapkan strategi-strategi yang dituangkan dalam Rencana Jangka Panjang Perusahaan (RJPP) yang dievaluasi setiap 4 (empat) tahun sekali.

Pelindo 3 dengan kunjungan dari mahasiswa Polimarin merasa senang, karena ini bentuk nyata pengabdian Pelindo 3 dalam bidang pencerdasaan anak-anak sebagai tunas-tunas bangsa, Pelindo 3 berkomitmen bahwa membuka selebar-lebarnya untuk bekerjasama dengan Polimarin dalam bentuk pemberian materi kepelabuhanan dan juga tidak membatasi bagi mahasiswa Polimarin untuk bisa Praktek Pengalaman Lapangan di Pelindo 3, terang Novita  selaku kepala jurusan KPN di Polimarin. (7/8)