Workshop Pelaksanaan Survei Kepuasan Masyarakat (SKM), Forum Konsultasi Publik (FKP), dan Rencana Aksi Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik dilaksanakan di Polimarin dengan narasumber Kepala Bagian Komunikasi Publik/Manajer Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik Tim Kerja Reformasi Birokrasi Kemenristekdikti, Munawir Sadzali Razak, SIP, MA. (08/08)

Kegiatan workshop dilaksanakan pada hari Rabu, tanggal 8 Agustus 2018 dan dihadiri oleh seluruh tim kerja Reformasi Birokrasi Polimarin, antusias peserta menjadikan awal yang baik untuk menyukseskan program Reformasi Birokrasi yang telah diinstruksikan oleh Presiden RI.

Dr. Sri Tutie Rahayu, M.Si., selaku Direktur Polimarin mengatakan, bahwa Polimarin siap dan wajib untuk melayani masyarakat secara prima tanpa adanya gratifikasi apalagi pungli. (08/08)

Semangatnya para pelayan masyarakat  adalah keterbukaan, pelayanan dan ketepatan waktu, itu mutlak adanya karena dari situ kita bisa mewujudkan apa yang disebut memanusiakan manusia.

Dalam kesempatan ini juga dibahas terkait tugas Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID). Keterbukaan informasi berbeda paradigma, dulu rezim ketertutupan tapi sekarang rezim keterbukaan, Presiden RI Joko Widodo mengatakan sekarang zaman keterbukaan, terang Munawir.

Keterbukaan informasi sekarang menjadi hal mutlak sebagai bentuk konsekuensi lembaga publik yang berkaitan erat dengan kepercayaan publik, lanjut Munawir.

Aplikatif peraturan yang mengkonstruksikan kepercayaan publik harus menjadi skala prioritas, tapi dalam hal ini tidak semua informasi bisa diakses publik, karena ada klasifikasi tertentu sesuai peraturan yang ada terkait informasi apa saja yang tidak bisa diakses publik. Sanksi pidana menjadi warning keras bagi lembaga atau kementerian yang tidak menjalankan amanat Undang-undang terkait keterbukaan informasi publik, terang Munawir.

Kegiatan workshop diakhiri dengan sambutan tepuk tangan yang meriah dari para peserta sore hari itu, dengan wajah yang penuh semangat dan siap kerja, kerja, dan kerja.

Peserta workshop antusias mengikuti kegiatan.