Salah satu agenda utama dalam kegiatan Study On Board tahun 2018 yang rutin diselenggarakan oleh Politeknik Maritim Negeri Indonesia, adalah bakti sosial (baksos) yang bekerja sama dengan Balai Taman Nasional (BTN) Karimunjawa dan Yayasan 27 Pulau.

Kegiatan bakti sosial ini diagendakan karena melihat potensi maritim di Kepulauan Karimunjawa yang sangat besar, yang patut kita jaga bersama untuk kelestariannya, demikian disampaikan Direktur Polimarin Dr. Sri Tutie Rahayu, M.Si.

“Kegiatan ini masih dalam rangkaian study on board, kami lakukan bentuk pengabdian masyarakat membersihkan sampah di sekitaran dermaga, pelabuhan, dan alun-alun Karimunjawa. Bentuk pengabdian masyarakat nantinya bisa ditingkatkan lagi. Para mahasiswa Polimarin juga perlu diterjunkan untuk pengabdian yang lebih serius dan langsung bersentuhan dengan masyarakat sekitar,” tambahnya.

Teknis kegiatan baksos tersebut adalah dengan membagi pada mahasiswa menjadi tiga kelompok. Kelompok pertama membersihkan bagian dermaga, kelompok kedua membersihkan wilayah pelabuhan, sedangkan yang ketiga membersihkan alun-alun.

Salah satu mahasiswi, Sabrina Ega Rahmawati, mengaku mendapatkan pengalaman menarik selama mengikuti study on board ini dan menuturnya dengan kegiatan ini para mahasiswa dapat langsung terjun dan belajar langsung mengenai pola kerja kemaritiman.