Berkolaborasi dengan kru KM Kelimutu, Polimarin melaksanakan upacara bendera memperingati Hari Pahlawan di atas KM Kelimutu dalam pelayaran dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang menuju Kepulauan Karimunjawa. Upacara dimulai pada pukul 07.00 WIB dengan pembina upacara Nakhoda KM Kelimutu, Kapten Asep Soparya. Peringatan Hari Pahlawan berlangsung dengan khidmat. Adapun tema peringatan Hari Pahlawan tahun 2018 ini adalah “Semangat Pahlawan Di Dadaku” yang mengandung makna sesuai fitrahnya dalam diri setiap insan tertanam nilai-nilai kepahlawanan, oleh karenanya siapapun dapat menjadi pahlawan, setiap warga negara tanpa kecuali dapat berinisiatif mengabdikan hal yang bermanfaat untuk kemaslahatan diri, lingkungan sekitar, bagi bangsa dan negara.

Dalam amanatnya, pembina upacara membacakan amanat Menteri Sosial RI pada Upacara Bendera Memperingati Hari Pahlawan 2018 yang di antaranya berisi tujuan dilaksanakannya upacara ini agar memperkuat nilai-nilai kepahlawanan, mempertebal rasa cinta tanah air dan meneguhkan semangat pengabdian bagi bangsa dan negara di hati sanubari bangsa Indonesia.

Dr. Sri Tutie Rahayu, M.Si., Direktur Polimarin menyatakan bahwa Upacara Memperingati Hari Pahlawan di atas KM Kelimutu ini merupakan momentum yang sangat luar biasa karena tidak setiap saat kita bisa melaksanakan kegiatan seperti ini di atas kapal. Dalam kesempatan yang sama, Dr. Sri Tutie Rahayu, M.Si. juga menyampaikan terima kasih kepada PT PELNI dan KM Kelimutu yang memberikan kesempatan melaksanakan upacara ini. Upacara ini juga merupakan wujud nyata pelaksanaan bela negara di kampus Polimarin yang sebelumnya sudah mendeklarasikan diri sebagai Kampus Maritim Bela Negara, tegasnya.

Selamat Hari Pahlawan Tahun 2018, kobarkan terus semangat pahlawan di dada, torehkan prestasi yang membawa harum nama bangsa dan negara. Jaga selalu persatuan dan kesatuan dalam jalinan toleransi dan kesetiakawanan sosial. Semoga semangat pahlawan senantiasa mewarnai setiap langkah kita.

Petugas pengibar bendera