Study On Board merupakan agenda rutin bagi mahasiswa Politeknik Maritim Negeri Indonesia yang dilaksanakan setiap tahun.

Jumat, 9 November 2018  (22: 00 WIB) Capt. Asep Suparya sebagai Nahkoda kapal KM. Kelimutu membuka kegiatan Study On Board Mahasiswa Polimarin. Kegiatan tersebut bertujuan agar para mahasiswa mampu merealisasikan teori yang didapat selama di kampus Polimarin. Adapun kegiatan mahasiswa selama di atas kapal seperti; prodi KPN mengecek dokumen yang ada di atas kapal, apa saja dan bagaimana penanganan dokumen-dokumen permintaan dengan instruktur dari PUK I dan PUK II, adapun prodi teknika juga ditugaskan di dalam ruang mesin dengan instruktur dari masinis I, II, III bahkan KKM-nya langsung terjun untuk membimbing mahasiswa Polimarin, sedangkan untuk prodi nautika ditugaskan di anjungan kapal dengan tugas yang berbeda-beda dengan instruktur Mualim I, II, III, IV bahkan Kapten dari kapal tersebut terjun langsung.

Selain itu kegiatan dari mahasiswa sendiri dibagi dalam berbagai kelompok agar ilmu yang didapat bisa langsung dipahami mahasiswa Polimarin. Kegiatan di atas kapal selain tentang job desc masing-masing dari program studi tersebut juga mahasiswa Polimarin dilatih untuk naik turunkan sekoci dan apa saja alat-alat keselamatan yang ada di atas kapal. Study On Board ini dinilai sangat berguna untuk kelak ke depannya para mahasiswa agar mengetahui seperti apa pekerjaan yng sebenarnya di atas kapal.