Politeknik Maritim Negeri Indonesia (Polimarin) sebagai lembaga pendidikan vokasi yang mempunyai visi misi menjadi Politeknik yang bertaraf internasional dan menghasilkan sumber daya manusia berkarakter, berkompentensi di bidang maritim selalu siap mewujudkan cita-cita bangsa yaitu pembangunan pada sektor kemaritiman sebagaimana program kepemimpinan Presiden Joko Widodo.

Indonesia sebagai negara maritim dengan posisi strategis diantara dua samudera yaitu Samudera Hindia dan Samudera Pasifik sudah harus menegaskan diri dengan segala program yang terlaksana sebagai Negara Poros Maritim Dunia.

Angkatan Laut Republik Indonesia merupakan garda terdepan dalam mempertahankan kedaulatan bangsa Indonesia, TNI AL juga berperan besar tidak hanya dalam menjaga kedaulatan bangsa tapi juga menjaga kekayaan maritim salah satunya pembentukan karakter para generasi penerus bangsa untuk mencintai budaya kemaritiman.

TNI AL tentunya tidak mungkin bergerak sendiri dalam upaya mewujudkan semua itu, harus ada sinergitas pemikiran lembaga pendidikan, sumbangan pemikiran dan kerjasama dengan lembaga pendidikan sangat dibutuhkan dalam rangka membangun kembali budaya maritim indonesia serta meningkatkan kesadaran bangsa indonesia untuk menyadari dan melihat identitas bahwa kemakmuran dan masa depan Indonesia sangat ditentukan dari bagaimana pengelolaan lautan.

Direktur Polimarin, mengatakan bahwa untuk mewujudkan kejayaan Negara Maritim, Polimarin dan Pangkalan TNI Angakatan Laut Semarang (Lanal Semarang) melaksanakan kerjasama dalam bidang pengamanan, pembentukan karakter, kedisiplinan dan kesamaptaan Taruna pada tahun 2019, Polimarin dalam hal ini diwakili oleh Direktur Polimarin, Dr Sri Tutie Rahayu, M.Si menandatangi kerjasama dengan Lanal Semarang yang diwakili oleh Komandan Lanal Semarang, Kolonel Laut (P) Heri Triwibowo, S.E. di Lanal Semarang, pada hari Selasa. (15-01-2019)

Tentunya kedepan Polimarin dan Lanal Semarang akan selalu menguatkan dalam berbagai program di bidang pengamanan dan pengawasan, pembentukan karakter dan kedisiplinan juga kesamaptaan taruna, semua itu semata-mata untuk menanamkan budaya maritim pada generasi penerus bangsa, imbuh Dr. Sri Tutie Rahayu, M.Si

Perjanjian yang dilaksanakan Polimarin dengan Lanal Semarang berlaku selama 1 tahun dan dapat diperpanjang sesuai kebutuhannya, untuk menjamin terlaksananya kerjasama ini maka disusunlah organisasi yang berisikan pembina kerjasama, pembina harian kerjasama, dan tim pelaksana kerjasama, semua melibatkan personel dari Polimarin dan personel dari Lanal Semarang.