our history

SEJARAH POLIMARIN

1993 - 2012
1993 - 2012

Semarang Growth Centre (SGC)

Semarang Growth Centre (SGC) adalah sebuah lembaga swasta yang menggunakan peralatan pemerintah di bawah koordinasi Kopertis Wilayah VI yang memiliki tugas pokok untuk memberikan layanan pendidikan dan pelatihan untuk maritim dan nonmaritim kepada perguruan tinggi swasta. Pada tahun 2001, SGC mendapat soft loan dari Pemerintah Jerman berupa peralatan dan laboratorium maritim dan nonmaritim yang selanjutnya mendapat persetujuan untuk melaksanakan fungsi uji kompetensi dengan sertifikasi internasional sesuai standar IMO. Semarang Growth Centre merupakan sebuah lembaga yang aset dan fasilitas serta peralatan dan perlengkapan laboratoriumnya milik Pemerintah, yaitu Direktorat Pendidikan Tinggi (DIKTI), Departemen Pendidikan Nasional, yang mana pembinaannya dilakukan oleh Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (KOPERTIS) Wilayah VI. Adapun untuk pengelolaan lembaga secara keseluruhan dilakukan oleh swasta, bahkan status kelembagaannya juga belum jelas. Sedangkan, keberadaan lembaga tersebut secara nasional sudah sangat dibutuhkan. Di Indonesia hanya terdapat 3 (tiga) lembaga Growth Centre, yakni di Semarang, Medan, dan Makassar yang ketiganya berbeda dalam hal pengelolaan dan pengembangannya. Semarang Growth Centre (SGC) yang sering juga disebut dengan nama dengan P2PTS (Pusat Pengembangan Perguruan Tinggi Swasta) Kopertis Wilayah VI. Pendirian P2PTS Kopertis Wilayah VI ini dimaksudkan untuk membantu Perguruan Tinggi Swasta di lingkungan Kopertis Wilayah VI Jawa Tengah yang saat itu tidak memiliki Laboratorium Ilmu-ilmu Dasar. Bersamaan dengan itu, dibangun juga tiga Growth Centre lainnya, yaitu di Medan, Surabaya, dan Makassar. Dalam perkembangannya hingga saat ini hanya tiga Growth Centre yang masih eksis, yaitu Medan, Semarang, dan Makassar, sedangkan Surabaya telah mengalami likuidasi. Setiap Growth Centre mempunyai laboratorium yang berbeda. Pada tahun 2012 SGC bertransformasi menjadi Balai Pengembangan dan Layanan Pendidikan Tinggi (BPLPT).

2012 - 2012
2012 - 2012

BPLPT

Balai Pengembangan dan Layanan Pendidikan Tinggi (BPLPT) merupakan bentuk transformasi dari SGC sebagai unit pelaksana teknis yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan Nasional yang berada di bawah dan bertanggungjawab kepada Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Nasional. BPLPT mempunyai tugas melaksanakan pengembangan, pemberian fasilitasi praktik, dan uji kompetensi dalam peningkatan mutu pembelajaran pendidikan tinggi sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

2012 - sekarang
2012 - sekarang

Polimarin

Politeknik Maritim Negeri Indonesia, selanjutnya disebut Polimarin, adalah bentuk transformasi dari BPLPT menjadi perguruan tinggi yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang berada di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, serta secara fungsional dibina oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Politeknik Maritim Negeri Indonesia mempunyai tugas menyelenggarakan pendidikan vokasi dalam sejumlah bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, dengan fokus pada bidang kemaritiman. Polimarin memiliki 3 Jurusan yaitu bisnis maritim, nautika dan teknika dengan 4 Program Studi yaitu D4 Nautika, D3 Teknika, D3 Ketatalaksanaan Pelayaran Niaga dan Kepelabuhan Polimarin telah membuka kelas International Nautica dengan program join degree dengan Hochshule Wismar, bagian dari University of Applied Sciences, Jerman. Syarat untuk mahasiswa dapat bergabung dengan kelas internasional setidaknya memiliki prestasi akademik dan kemampuan bahasa Inggris secara Excellent. Seleksinya pun ditambahkan dengan kesiapan dan kemauan, tes psikologi, personality, dan perilaku. Mahasiswa akan kuliah selama 1 semester untuk mendapatkan pembelajaran dan pelatihan dari Profesor Ahli Maritim Jerman. Mereka tidak hanya belajar secara teori, namun juga dibimbing untuk siap menyelesaikan masalah. Melalui program joint degree internasional nautika ini nantinya lulusan Polimarin akan mendapatkan gelar ganda yang diakui di Indonesia dan di Jerman. Melihat keberhasilan pelaksanaan kelas join degree bersama Jerman, maka pada tahun 2022 Polimarin menyusun kerjasama join degree dengan Solent University United Kingdom. Diharapkan dalam waktu dekan akan dibuka kelas tersebut.